Tuesday 15 June 2010

Merawat DOC (Ayam Aduan)

| Tuesday 15 June 2010 | 0 comments

Buat temen-temen yang punya atau lagi pelihara ayam bangkok maupun peranakan bangkok (alias dah lama di indonesia n' dah kawin sana-sini ma ayam pribumi). kalau pengen tampilan atau performa anakan (DOC) nya kelihatan ganteng, Q da beberapa tips yang mungkin bisa dibuat sharing bersama :

1. perhatikan kualitas pakan dan air minum, termasuk juga kontrol terhadap keduanya. jangan lupa untuk mencuci tempat minum pagi dan sore hari saat penggantian air minum. kalau tempat pakan tidak terlalu jadi masalah karena pakan kering tidak gampang berlendir dan jamuran, kecuali jika pemberian pakan secara basah.
2. perhatikan kebersihan dan sanitasi kandang, agar ayam juga tidak pengap karena bau amoniak didalamnya.
3. usahakan menjemur anakan (DOC) minimal 2-3 kali dalam seminggu pada pagi hari sampai jam 09.00 WIB untuk pertumbuhan tulang.
4. usahakan membersihkan kandang minimal maksimal 2-3 bulan sekali jika kandang selalu digunakan. bersihkan  dengan menggunakan desinfektan atau juga kalau mau yang murah meriah dengan air bekas rendaman,
5. kalau pengen anakan (DOC) ayam aduanmu terlihat lebih cepat tumbuh dan gagah, berikan pakan yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan, BR1 untuk ayam broiler juga dapat digunakan tetapi lebih baik lagi menggunakan 591 hi pro (banyak terdapat dikios-kios penjual pakan)
jika semua aspek yang meliputi pakan, minum, kesehatan dan lainnya telah terkontrol, usahan agar selalu kontinyu supaya pertambahan bobot ayam salalu stabil. untuk melihat perkembangan bobot hidup sang ayam, tinmbang lah minimal 1minggu sekali, kemudian untuk mengkonversikan bisa dihitung FCR nya.

0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

kita dapat berubah asalkan kita mau berubah

 
© Copyright 2010. yourblogname.com . All rights reserved | yourblogname.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com